Selasa, 03 Mei 2016

Kota Prabumulih (ODTW)

Pembahasan kita kali ini yaitu mengenai Kota Prabumulih, salah satu kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Kota Prabumulih merupakan salah satu kota yang  terletak di Provinsi Sumatera Bagian Selatan, sekitar 2-3 Jam atau 100 KM kurang lebih, jika ditempuh dari Ibukota Sumatera Selatan, Kota Palembang. Prabumulih menghasilkan ribuan barel minyak bumi dan jutaan meter kubik gas alam setiap tahunnya. Karena itu, ia disebut sebagai kota minyak. Prabumulih juga memiliki kilang minyak terbesar di Sumsel milik Pertamina. Julukan lainnya adalah kota nanas, karena salah satu hasil pertanian yang terkenal adalah nanas (Ananas Comosus). Nanas Prabumulih terkenal manis dan pemasarannya sampai ke Pulau Jawa. Untuk lebih lengkapnya lagi, saya sakan menulis sejarah singkat “Kota Nanas” ini, Objek dan Daya Tarik Wisata, adat istiadat serta kebudayaan yang ada di daerah Prabumulih. 

Sejarah Singkat

Sejarah Singkat Prabumulih berasal dari kata Mehabung Uleh yang berarti tanah yang meninggi. Dari berbagai sumber yang penulis dapatkan bahwa sekitar ±400 (ada yang menulis 250) tahun yang lalu, ada sebuah dusun (Lubuk Berenai) yang terletak di pinggir Sungai Kelekar yang dipimpin oleh Riye (kerio) Budin Susukan. 
Pada suatu hari Riye Budin mengutus empat bersaudara yaitu Minggun, Dayan, Risek dan Jamih untuk berjalan ke arah barat dusun Lubuk Berenai menuju hutan belantara mencari tanah yang nantinya akan dijadikan negeri dengan cara tenung, tanah yang akan dijadikan negeri ialah tanah yang tidak subur dan banyak binatang buasnya. Kemudian sampailah mereka ditempat yang bernama Bulu Mike, tanah yang meninggi, keempat bersaudara tersebut melakukan sedekah rimbe. Tanah digali di dekat Bulu Mike dan dimasukkan ke dalam kulak kayu tempat bertenung. Lalu tempat tersebut di kikis rata dengan permukaan setelah itu Dayan melakukan persedekahan kepada Tuhan agar diberi petunjuk agar tanah tersebut bisa digunakan sebagai negeri baru.
Setelah selesai dimantrakan, kulak kayu tersebut ditutup dan persembahan tersebut dimasukkan ke dalam lubang tanah. Setelah beberapa hari tanah tersebut mehabung (meninggi). Setelah melihat keadaan tersebut lalu keempat bersaudara itu berkata,”Mehabung, ule kite tanahnye mehabung”. 
Maka setelah disepakati bersama, tempat tanah yang digali empat bersaudara dibuat rumah dengan membelakangi 4 pematang yang dapat juga disebut 4 kampung pematang,Bungin,Anggun Dilaman,Kumpai Ulu dan Karang Lintang,kemudian nama Mehabung Ule diganti dengan Pehabung Ule atas keputusan bersama. Pada zaman Belanda Pehabung Ule diganti menjadi Peraboeng Ngoele dan pada zaman Jepang menjadi Peraboe Moelih, kemudian berubah kembali dengan ejaan yang disempurnakan Pemerintah menjadi Prabumulih. Kata Prabumulih pun sampai sekarang masih digunakan.

 ODTW (Objek dan Daya Tarik Wisata)
Berikut ini adalah tempat-tempat wisata yang ada di Prabumulih :

1.      Tugu Air Mancur

Kota Prabumulih selain terkenal dengan ikon Tugu Nanas, juga terdapat ikon lain yaitu Tugu Air Mancur. Tugu yang bagian atapnya berbentuk payung ini merupakan symbol kerjasama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih dengan PT.Pertamina. Ikon tersebut berada di Jalan Lingkar Barat, dengan tinggi 12 meter dan diameter 10 meter. Tugu berbahan batu alam ini bukan hanya mempercantik penampilan kota nanas saja, tetapi juga sebagai identitas Kota Administratif (kotif) yang kini telah berumur sebelas tahun. Tugu ini mengingatkan bahwa PT.Pertamina dan Pemkot Prabumulih memiliki kebersamaan, persatuan dan solidaritas. Diharapkan warga merasa memiliki, kemudian merawatnya sebagai suatu kebanggaan kota dan ikon baru. 37 bilah payung diambil dari jumlah desa, segi enam dibagian tengah diambil dari jumlah kecamatan, lingkaran menyimbolkan kerjasama PT.Pertamina dengan Pemkot Prabumulih, dan 37 air mancur merupakan symbol kemakmuran di 37 desa bersama 

2.      Taman Kota Prabujaya

Dahulu lapangan bola kaki Prabujaya kemudian berhasil di sulap menjadi salah satu ikon Taman Kota Prabumulih.Taman ini adalah salah satu yang terbesar dan paling aktif menjadi destinasi liburan,banyak fasilitas di sajikan mulai dari arena bermain,joging track,tempat bersantai,kuliner,dll. Bahkan setiap hari minggu jalanan sekitar di jadikan area Car Freeday,dan di lakukan senam pagi dengan banyak dorprize setiap minggunya. Hanya saja taman kota ini masih sangat sulit urusan birokrasi perijinan untuk di jadikan destinasi orang-orang untuk berkreasi walaupun dengan niatan memberikan sajian ataupun hiburan gratis bagi pengujung taman.

3.      Taman Wonosari

Masyarakat lebih mengenalnya dengan Lapangan Kros sekarang sudah berhasil di ubah oleh Pemerintah Kota menjadi Taman Wonosari. Taman yang berukuran lebih kecil ini berada di Kelurahan Wonosari,Prabumulih Utara.Juga sama menyajikan beberapa arena bermain buat anak-anak dan tempat duduk bersantai hanya saja tidak selengkap di Taman Kota. Destinasi ini sendiri masih sangat banyak kekurangannya karena bukan berbentuk Taman Terbuka sehingga sepi akan pengunjung dan suasananya yang panas karena masih sangat kurang Pohon-pohon besar yang teduh.

4.      Taman Gunung Ibul

Taman Gunung ibul ini terletak di kelurahan Gunung Ibul,ini salah satu destinasi taman terbuka yang berkonsep alami. Ikon taman ini adalah sebuah danau yang berbentuk Love,taman ini juga menyajikan arena bermain dan joging track. Hanya saja dikarenakan taman ini sendiri juga belum lama selesai di buat,maka kondisinya sendiri belum terlalu teduh untuk bersantai dikarenakan pohon-pohon yang di tanam belum tumbuh dengan baik.

5.      Patung Kuda

Monumen Patung Kuda ini terletak di Jl.Jend.Sudirman Simpang Padat Karya Kel.Muara Dua,salah satu icon Prabumulih selain nanas.Area Monumen Patung Kuda ini sangat sering setiap sore sampai malam hari dijadikan tempat destinasi sekedar Hang-out bersama komunitas,teman ataupun keluarga.

6.      Pantai Pasir Payuputat

Ini referensi destinasi terakhir,sebuah Pantai Pasir yang terletak di Ds.Payuputat.Sesungguhnya ini bukan pantai sungguhan seperti yang kita bayangkan,ini adalah aliran sungai Lematang yang di sisi sungainya membentuk sebuah padang pasir yang menyerupai bibir pantai.Ini satu-satunya destinasi wisata air,awalnya hanya tempat bermain dan mandi anak-anak desa setempat tapi lambat laun dikarenakan desa payuputat sendiri setiap tahunnya menjadi tuan rumah perlombaan Perahu Bidar maka dengan sendirinya tempat ini mulai dikenal.Saran saya apabila anda berencana untuk trip kesini sebaiknya anda menbawa lotion anti matahari.

7.      Caroline Island

Terletak di Kecamatan Rambang Kapak Tengah, yang menyediakan kolam renang, seluncur air, waterboom, ember tumpah, dll, tempat nya cukup nyaman untuk mengajak keluarga anda mengisi liburan akhir pekan ataupun weekend, jalan menuju tempat ini cukup bagus, dan ada parkir, serta mudah untuk mencapai tempat ini, ayo ajak keluarga anda liburan ke Caroline Island ini.

8.      Kampoeng Wisata

Kampoeng Wisata ini terletak Jl. Lingkar Prabumulih, 1 Km sebelum Terminal, yang menyediakan permainan sepeda air, kolam renang, dan saung makan. Tempat ini hampir berdekatan saja dengan Kolam Pancing Lingkar Timur Sejahtera yg diatas tadi, jadi ada 2 pilihan tempat wisata di Jalan Lingkar Timur.

9.      Masjid Agung Nur Arafah

Tempat Berwisata religi di Prabumulih yang berada di Jl. Jend. Sudirman, di depan Stasiun Kereta Api, tempatnya nyaman, sehingga anda akan terbawa ke suasana daman dan tenteram, jangan hilangkan kesempatan untuk bersujud kepada Sang Khalik jika anda berkunjung ke Masjid Agung Nur Arafah ini.

10.  Kolam Pancing Lingkar Timur Sejahtera
Kolam pancing terletak tidak jauh simpang empat Kelurahan Muara Dua dan Kelurahan Karang Jaya, sehingga untuk mengaksesnya sangat mudah, terleyak di Jalan Lingkar Timur sebelah kiri dari tugu Air Mancur dari arah Palembang ke Prabumulih, tempat parkir Cukup Luas, serta ada fasilitas Karaoke dan Mushola, serta Kantin dengan hidangan yg cukup menggugah selera anda. Pastikan anda datang bersama keluarga anda, dimusim liburan ini sangat cocok sekali anda mengajak keluarga nada dengna berwisata memancing ikan di kolam pancing LINGKAR TIMUR SEJAHTERA.

Demikian ulasan tentang beberapa ODTW yang ada di Prabumulih, semoga bisa bermanfaat. Sesungguhnya masih banyak tempat destinasi lainnya,hanya saja belum terawat dengan baik. Ayo kita bantu pemerintah Kota Prabumulih bersama membangun kota kita tercinta,caranya gampang cukup dengan "BELANJAKAN UANG ANDA DI KOTA KITA SENDIRI"dengan itu sahabat sekalian sudah membantu menggeliatkan perekonomian kita dan dengan sendirinya memancing investor untuk berinvestasi di Kota Nanas ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar